4 Perbedaan Internet dan Intranet, Mana Jaringan yang Lebih Aman?

Di dunia digital atau sistem informatika terdapat dua istilah yaitu internet dan intranet. Di sisi lain, hampir semua orang sudah memahami bahwa salah satunya adalah yang paling digunakan pada zaman modern ini. Namun apakah Anda tau tentang perbedaan internet dan intranet ? Simak penjelasannya di sini.

Definisi Perbedaan Internet dan Intranet



Internet merupakan sistem jaringan komputer yang saling berhubungan dengan menggunakan jaringan komunikasi di seluruh dunia. Kata itu sendiri merupakan singkatan dari interconnection-networking yang memiliki arti secara harfiah sebagai sistem global di seluruh jaringan computer yang saling terhubung.

Sedangkan intranet adalah bentuk pemanfaatan teknologi dalam lingkup kecil seperti organisasi atau perusahaan. Pengertian tersebut disampaikan oleh jhonsen dalam bukunya yang berjudul membangun portal intranet souce moregroupware.

Bisa dikatakan bahwa intranet merupakan media atau cara yang digunakan dengan tujuan mempercepat komunikasi dan pertukaran data dalam perusahaan. Biasanya proses ini menggunalan lan (local area network) serta wan (wide area network).

Fungsi Internet Dan Intranet


Internet memiliki banyak fungsi sebagaimana yang sedang Anda rasakan sekarang yaitu kemampuan mencari informasi. Namun secara garis besar, fungsi internet adalah untuk memudahkan pencarian ilmu pengetahuan, pengiriman informasi, jalinan komunikasi, akses hiburan, dan kemudahan dalam bisnis.

Sedangkan intranet memiliki fungsi yang berbeda. Maksud perbedaan tersebut seperti pengaksesan informasi yang lebih ketat seperti kebijakan, dokuman, atau hal-hal bersifat internal. Kegunaan lainnya adalah memperlancar komunikasi dan manajemen karyawan perusahaan atau anggota organisasi.

Dari pengetahuan tentang fungsi kedua istilah tersebut maka dapat disimpulkan bahwa intranet hanya dapat diakses oleh lingkup internal sedangkan internet bisa digunakan oleh siapapun. Sajian data yang dapat diambil dan diterima pun berbeda porsi antara keduanya.

Tingkat Keamanan Internet Dan Intranet


Perbedaan internet dan intranet selanjutnya terdapat di bagian keamanan sistem. Sebagaimana rahasia umum, sistem keamanan internet sangat rapuh, dapat dibobol secara mudah serta cepat oleh hacker. Hla tersebut dikarenakan aksessibilitas yang luas sehingga data apapun yang dikirimkan melalui internet bisa dilihat oleh siapa saja.

Namun apabila pengiriman data menggunakan jaringan intranet, maka hal demikian tidak akan terjadi. Jika infromasi yang dikirimkan menggunakan sistem jaringan internal seperti ini bocor ke publik, maka artinya da yang membocorkan hal tersebut dari dalam perusahaan sendiri.

Secara singkat, koneksi intranet lebih aman dibandingkan dengan internet. Itulah mengapa setiap perusahaan diharuskan memiliki jaringan intranet sendiri, agar data perusahaan tidak bocor ke public. Terlebih lagi jika tidak dilakukan pengamanan double pada sistem internetnya.

Perbedaan Isi Konten


Bila Anda mengakses internet maka akan menemukan konten dengan aneka rupa dan ide kreatifnya.hal tersebut dikarenakan sifat internet yang luas sehingga siapapun bisa mengunggah apapun terlepas dari kepentingan isi konten itu sendiri.

Hal serupa tidak akan terjadi di dalam jaringan intranet. Isi konten di jaringan internal ini berisfat rahasia, penting, dan spesifik. Konten hanya digunakan untuk tujuan dan kepentingan tertentu yang berhubungan dengan perusahaan atau organisasi. Maka dari itu konten hanya tersedia untuk karyawan dan pihak internal saja. Demikian perbedaan internet dan intranet yang bisa Anda ketahui. 

Diharapkan melalui artikel ini, banyak perusahaan yang jadi mementingkan koneksi internal guna menjaga kerahasiaan data. Tentu akan ada banyak hal atau isu fatal apabila informasi rahasia bocor lalu kemudian diketahui publik. Akibatnya bisa saja meruntuhkan perusahaan yang mungkin sedang berada dalam msa jayanya.

Tags :