Pengenalan Apasih itu Metaverse ?

Banyak orang yang masih belum terlalu paham terhadap pengenalan apa itu metaverse. Istilah baru dalam dunia digital tersebut seringkali diucapkan sejak pertengahan tahun 2022 lalu. Bahkan digadang gadang sebagai dunia masa depan baru. Namun, apa arti dan bagaimana cara kerja dari metaverse itu sendiri?


Pengenalan Apa Itu Metaverse?





Jika berkaca dari sejarah, istilah metaverse bukan hal baru. Ide khayalan tersebut pernah dibahas pada novelnya Sbow Crash terbitan 1992. Berdasarkan cerita tersebut, dunia buatan merupakan dunia virtual berbasis tiga dimensi dengan isi penduduk berbentuk avatar, sama dengan definis dari Mark Zukerberg.

Seiring berjalannya waktu, Mark mendefinisman metaverse sebagai dunia digital tiga dimensi. Orang-orang di dalamnya hadir dalam bentuk avatar sebagaimana pada novel Snow Crash. Mark juga mengatakan bahwa penduduk di dunia virtual tersebut bisa keluar masuk sesuka hati menggunakan alat teknologi khusus seperti VR.

Selayaknya dunia nyata, metaverse juga menawarkan banyak kegiatan. Diantaranya olahraga, belanja, liburan, acara, atau bahkan menghadiri konser solo. Perihal keuangan dan transaksi, belahan bumi versi online tersebut menggunakan crypto sebagai mata uang.

Cara Kerja Metaverse


Sebagaimana yang telah dijelaskan pada awalan tadi, metaverse merupakan ruang virtual dimana penggunanya bisa melakukan berbagai aktivitas seperti biasa. Bekerja secara remote, bermain, bertemu teman, menerima tamu, bahkan juga membeli tanah atau rumah.

Sebelum bisa menjelajai dunia tersebut, calon pengguna metaverse perlu melakukan persiapan dengan beberapa pengatahuan. Hal pertama yang sudah jelas ialah harus paham tentang internet. Metaverse tidak bisa lepas dari internet dan tentunya membutuhkan jaringan internet yang stabil dan lancar.


Selain internet, metaverse juga membutuhkan perangkat modern lainnya seperti headphone dan VR sunglasses serta pendukung lainnya. Perihal ketersediaan dan biayanya memiliki banyak variasi. Mulai dari brand atau merek hingga kualitas yang ditawarkan. Pengalaman di dunia virtual akan lebih seru bila memiliki perlengkapannya.

Berbagai Hal yang Bisa dilakukan di Metaverse


Pada tahap pengenalan apa itu metaverse ini Anda akan mengetahui lebih dalam tentang apa saja yang bisa terjadi atau dilakukan dalam dunia virtual tersebut. Sebagaimana telah dijelaskan, aktivitas apapun bisa pengunjung lakukan. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai berbagai kegiatan seru tersebut.

1. Bekerja


Dalam dunia metaverse juga sudah terdapat aktivitas bekerja. Biasanya bidang pekerjaan yang dilakukan ialah seputar marketing, teknologi, ataupun yang dapat dikerjakan secara remote. Banyak pekerja yang mengalami kejenuhan saat menjalani rutinitasnya sehingga mereka mengganti dengan work from home.

Pengunjung yang melakukan pekerjaan dari metaverse tidak hanya bisa melihat status online teman. Anda dan tim rekan kerja dapat mengadakan meeting menggunakan sebuah media seperti dari perusahaan facebook. Mark Zukerberg meluncurkan Horizon Workrooms sebagai software meeting di dunia virtual.

2. Nonton Konser Virtual dan Membeli Karya Seni


Pernah mendengar acara konser virtual Justin Bieber pada 2021 lalu? Itu adalah salah satu contoh konser virtual di dunia virtual tiga dimensi. Event tidak hanya berbentuk tampilan dua dimensi seperti streaming namun pengunjung bisa benar-benar merasakannya sehingga terasa lebih seru dan berkesan.

Selain menonton konser, pengunjung metaverse juga bisa membeli karya seni atau belanja lainnya. Sama seperti trend crypto, karya seni yang dijual seputar lukisan atau dua dimensi. Demikian pengenalan apa itu Metaverse dan hal-hal yang terjadi di dalamnya. Setelah mengetahui lebih lanjut, apakah Anda tertarik pergi atau bahkan menetap di dunia digital tersebut?

Insert code: <i rel="code">Put code here</i> or <i rel="pre">Put code here</i>
Insert image: <i rel="image">Put Url/Link here</i>
Insert title: <b rel="h3">Your title.</b>
Insert blockquote: <b rel="quote">Put text here</b>
Bold font: <b>Put text here</b>
Italics: <i>Put text here</i>

0 Komentar