Kerja IT Support Itu Ngapain Aja Sih? Kerja Mudah Untuk Lulusan SMK

Banyak orang bertanya kerja IT Support itu ngapain aja sih? Terkadang lapangan pekerjaan satu ini memang diremehkan oleh beberapa warga Indonesia. Terlebih lagi jika mereka tidak paham betul dengan tugas-tugasnya. Maka dsri itu alangkah baiknya bila mempelajari seluk beluknya terlebih dahulu.



Deskripsi Pekerjaan IT Support


Jabatan satu ini belum terlalu populer di kalangan siswa atau mahasiswa, namun bukan berarti bisa dilewati begitu saja. Pada dasarnya IT Support adalah seorang teknisi komputer di sebuah organisasi atau perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha apapun.

Karyawan IT Support bertanggung jawab dalam instalasi, evaluasi, serta peningkatan layanan yang berhubungan dengan komputer, software, dan jaringan. Pekerjaan ini aka membantu banyak orang terutama staff kantor lainnya, seperti mengatasi masalah jaringan internet di salah satu laptop teman kerja.

Informasi Penting Tentang IT Support


Jabatan IT Support tidak memiliki syarat minimal pendidikan yang tinggi, setidaknya lulusan SMK bisa langsung mendaftar. Jadi jika Anda sudah lulus Sekolah Menengah Kejuruan dengan jurusan Komputer maka bisa segera menjadi pegawai IT Support di perusahaan manapun.

Perlu diperhatikan bahwa pegawai IT Support tidak hanya akan berhadapan dengan siftware, jaringan, atau kendala komputer lainnya. Namun Anda juga akan berhadapan dengan keluhan pelanggan l, tergantung dengan perusahaan mana tempat Anda bekerja.

Berhubungan dengan orang-orang yang akan Anda temui dalam pekerjaan ini, sebagai pegawai IT maka harus bisa menjaga emosi dengan stabil. Sabar dalam menghadapi keluhan adalah kunci keberhasilan dan kelak akan mendapatkan hasil kerja yang maksimal.

Peran dan Tanggung Jawab Seorang IT Support


Kembali pada pertanyaan kerja IT Support itu ngapain aja sih? Nah jawabannya ada pada peran dan tanggung jawabnya, berikut penjelasannya.

Seorang IT Support harus memeriksa dan memastikan semua komputer kantor dapat digunakan dengan lancar serta terhubung ke jaringan internet. Bila ada kendala tentu Anda harus mengatasinya dengan cepat karena jika tidak akan berdampak pada pekerjaan pegawai lain.

Petugas IT Support juga harus melakukan update software secara berkala. Hal tersebut bertujuan agar semua pekerjaan teman lancar tanpa kendala atau bahkan tidak tersimpan. Imbas atau akibatnya bisa seperti efek domino dalam perusahaan, yang mana akhirnya juga merugikan tempat Anda bekerja.

Seorang IT Support harus hAndal dalam membuat dan merangkai kabel data. Jangan sampai terlihat berantakan atau bahkan ada yang terlilit karena itu bisa berakibat fatal. Misalnya seperti konsleting listrik, jaringan terputus, atau lain sebagainya.

Pengetahuan dan Keahlian yang Dibutuhkan


Walaupun tamatan SMK bisa langsung menjadi pegawai namun bukan berarti Anda hanya bersekolah tanpa mengumpulkan keahlian. Ada beberapa pengetahuan dan kemampuan yang perlu dimiliki. Diantaranya seperti perangkat lunak serta perangkat keras komputer.

Kedua bagian tersebut paling sering dipertanyakan pada saat tahap wawancara kerja. Jadi pastikan bila Anda memiliki pengetahuan teruji. Pegawai IT Support juga harus paham tentang berbagai aplikasi komputer, terutama yang paling sering digunakan oleh karyawan di perusahaan tersebut.

Satu pengetahuan dan keahlian terakhir yang harus dimiliki adalah tentang programming. Membuat program komputer bisa menjadi tugas tambahan Anda kelak. Mungkin akan mendapatkan perintah untuk membuat aplikasi internal yang digunakan oleh seluruh karyawan kantor.

Demikian penjelasan tentang kerja IT Support itu ngapain aja sih beserta rincian lainnya. Diharapkan dapat membantu Anda dalam menentukan fokus pekerjaan yang diinginkan.


Insert code: <i rel="code">Put code here</i> or <i rel="pre">Put code here</i>
Insert image: <i rel="image">Put Url/Link here</i>
Insert title: <b rel="h3">Your title.</b>
Insert blockquote: <b rel="quote">Put text here</b>
Bold font: <b>Put text here</b>
Italics: <i>Put text here</i>

0 Komentar