Jurusan SMK TKJ Mempelajari Apa Saja Ya? Materi TKJ dan Peluang Karir

Jurusan SMK TKJ mempelajari apa saja ya? Pilihan studi di Sekolah Menengan Kejuruan ini memiliki penggemar yang sangat banyak dan rata-rata digemari oleh siswa laki-laki. Lulusannya pun dipercaya dapat langsung bekerja, baik di perusahaan kecil maupun besar.




Jurusan SMK TKJ Mempelajari Apa Saja Ya?


Terlepas dari janji masa depannya yang cerah, siswa juga perlu mengerti pelajaran apa saja yang akan dihadapinya kelak. Sehingga ia bisa membekali dirinya dengan pengetahuan dan kemampuan selinier. Berikut penjelasan tentang hal-hal dalam jurusan TKJ di SMK.

1. Jaringan Dasar Komputer


Siswa SMK jurusan TKJ akan mempelajari tentang jaringan dasar komputer. Pembelajaran meliputi hardware, software, dan berbagai aplikasi di dalamnya. Dari materi ini, siswa dapat memahami keamanan data, pengaturan komputer, pembagian data dalam komputer, keseimbangan data-data, dan hiburan.

Siswa juga akan memahami bentuk-bentuk dasar jaringan seperti berbagai macam topologi, server, network interface card, work station, berbagai macam kabel jaringan, hub and switch, bridge, router, repater, modem, dan bandwith.

Siswa diharapkan dapat menerapkan berbagai pengetahuan tentang jaringan dasar komputer ini dengan mudah dan sederhana. Misalnya seperti membantu perbaikan laptop rumah atau bahkan membuka jasa reparasi kecil.

2. Pemograman


Selain mempejari jaringan dasar, siswa SMK juga akan mengetahui tentang pemograman. Materi ini akan menerapkan alur logika pada proses program komputer. Tujuan dari pembelajaran ini adalah memberikan pola pikir pada peserta didik mengenai bagaimana caranya membuat program secara benar dan efisien.

Dasar pemograman yang merupakan bagian dari pertanyaan jurusan SMK TKJ mempelajari apa saja ya ini menggunakan algoritma dalam proses berpikirnya. Melalui itu, diharapkan pola pikir peserta didik berkembang hingga dapat membentuk rangkaian langkah-langkah algoritma dan mampu menyajikannya.

Penyajian data algortima tersebut pun tidak hanya secara umum namun juga dalam berbagai bahasa seperti natural, pseudocode, dan flowchart. Dari materi ini siswa pun akan mengerti tentang struktur pencabangan serta pengulangan yang seringkali menjadi kendala dalam pemograman komputer.

3. Administasi Komputer


Berlanjut pada materi administrasi komputer, siswa akan mempelajari administrator jaringan. Tugasnya adalah mengatur sebuah koneksi, baik dalam skala kecil maupun besar. Kemampuan ini tentu dibutuhkan bila ingin bekerja di perusahaan karena terdapat data-data penting di dalamnya.

Melalui materi ini, siswa akan memahami cara terbaik untuk mengamankan data dan menghindarkannya dari pencurian atau pengrusakan. Peserta didik juga akan mempelajari pengendalian perangkat keras, pengelolaan file dan folder, manajemen interaksi serta aplikasi.

Sebagaimana sekolah SMK lainnya, siswa akan lebih banyak melakukan praktik. Untuk bagian administrasi komputer ini sendiri, pembelajaran nyata meliputi konfigurasi IP, DHCP, DNS, FTP, NTP, Mail, webmail, dan pembuatan web pada server Linux.

Pilihan Karir Lulusan TKJ SMK


Mendalami ilmu komputer bisa membawa siswa bekerja menjadi apa saja. Terlebih lagi media akan selalu berkembang lebih canggih, maka lowongan pekerjaan pun ikut bertambah. Beberapa jabatan kerja yang bisa diisi oleh lulusan SMK jurusan TKJ adalah bagian teknisi komputer, jaringan, dan administrasi server.

Lulusan TKJ juga bisa menjadi programmer, web developer, data entry, data scientist, dan it support. Jika pengetahuan, kemampuan, dan pengalaman tetap ditingkatkan setelah lulus sekolah, maka siswa dapat berkesempatan mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

Itulah beberapa jawaban dari jurusan SMK TKJ mempelajari apa saja ya. Semoga dapat membantu Anda dalam menentukan peminatan sekolah guna masa depan cerah di bidang IT atau Komputer.


Insert code: <i rel="code">Put code here</i> or <i rel="pre">Put code here</i>
Insert image: <i rel="image">Put Url/Link here</i>
Insert title: <b rel="h3">Your title.</b>
Insert blockquote: <b rel="quote">Put text here</b>
Bold font: <b>Put text here</b>
Italics: <i>Put text here</i>

0 Komentar