2 Cara Aman Beli Rumah Cash, Lewat Developer Atau Ingin Bangun Sendiri?

Membeli rumah adalah mimpi bagi semua orang, baik yang belum berkeluarga maupun sudah. Pilihan pelunasan saat membeli property juga bisa dicicil ataupun lunas. Namun seringkali opsi pelunasan cash mengalami kendala sehingga banyak orang lebih memilih untuk melakukan sistem cicil. Lalu bagaimana cara aman beli rumah cash?



Beberapa Cara Aman Beli Rumah Cash


Pembelian rumah memang lebih mudah menggunakan kpr, biusa langsung mendapatkan kunci walaupun belum lunas seutuhnya. Namun bagi sebagian orang, sistem kredit cicilan tersebut justru memberatkan. Apalagi bila memilih jangka tenor yang panjang.

Ikuti beberapa cara berikut untuk transaksi aman saat beli rumah secara cash:

1. Beli Rumah Jadi Secara Cash dengan Aman


Membeli rumah jadi yang fisiknya sudah terlihat tentu akan lebih nyaman karena begitu perihal surat menyurat selsai dan dana transaksi juga selesai, maka pemilik rumah bisa langsung mengisi bangunan. Namun konsekuensinya adalah proses transaksi yang memakan waktu lama. Berikut rinciannya.

  • Cari pengembang atau developer terbaik

  • Tetapkan booking fee

  • Buat perjanjian jual beli bersama notaris

  • Buat akta jual beli bersama notaris.

Perlu diperhatikan bahwa segala aktivitas yang melibatkan perjanjian atau tanda tangan dalam proses transasksi jual beli rumah harus menghadiri saksi serta dilakukannya secara tercatat atau terekam. Hal tersebut bertujuan agar menghindari permasalahan seperti sengketa atau surat tanah di kemudian hari.

2. Beli Rumah Cash Secara Manual : Beli Tanah Kemudian Proses Bangunannya


Cara aman beli rumah cash selanjutnya adalah transaksi dan pembangunan yang terpisah. Maksuda adalah pencari rumah tidak akan mendapatkan bangunan secara fisik dan langsung. Melainkan harus mencari tanah kosong terlebih dahulu kemudian membangunnya sesuai keinginan.

  • Cari makelar atau lahan tanah yang sedang dijual

  • Lakukan transaksi yang didampingi dengan notaris dan saksi

  • Hubungi arsitek andalan atau terbaik, buat design bangunan rumah yang diinginkan

  • Cari mandor atau kepala lapangan guna menjaga kinerja tukang saat proses pembangunan

  • Pilih tukang borongan dengan kinerja yang terbukti baik

  • Lakukan pembanguan rumah sesuai rencana

Cara kedua ini bisa dibilang lebih aman dibandingkan tutorial pertama. Konsekuensinya adalah alur kepemilikan rumah yang lebih lama untuk digapai. Namun setidaknya, melalui langkah ini,pemilik rumah bisa mendapatkan hunian impian tanpa perlu kredit serta rasa aman saat proses berlangsung.

Tips Bangun Rumah Sendiri


Jika pemilik rumah ingin membangun huniannya sedniri maka perlu memperhatikan beberapa hal. Diantaranya seperti penentuan tipe dan design rumah yang cocok dengan anggaran. Jadi jangan sampai terlalu memaksakan diri atau kelak hasil akhir bisa jadi mengecewakan.

Sebagai pemilik tanah dan rumah, anda juga harus melakukan survei harga bahan bangunan. Tidak hanya pada satu dua toko namun lebih dari itu. Setelah mendapatkan daftar harganya maka lakukan perhitungan inflasi untuk beberapa waktu ke dean sesuai dengan rencana pembangunan yang ada.

Masih perihal bahan bangunan, alangkah baiknya menggunakan material berkualitas tinggi. Anda harus berpikir jangka panjang seperti bagaimana keadaan rumah dalam 10 tahun kedepan. Terlebih lagi pemilik rumah harus menyiapkan dana renovasi untuk 20 hingga 30 tahun kemudian.

Demikian cara aman beli rumah cash yang bisa anda ketahui. Semoga bisa membantu dalam mempertimbangkan segala keputusan pembelian hunian masa depan. Jika tetap memilih kredit, perhatikan pula berbagai aspek lain seperti inflasi dan bunga pinjaman bank, apakah memberatkan di kemudian hari.

Insert code: <i rel="code">Put code here</i> or <i rel="pre">Put code here</i>
Insert image: <i rel="image">Put Url/Link here</i>
Insert title: <b rel="h3">Your title.</b>
Insert blockquote: <b rel="quote">Put text here</b>
Bold font: <b>Put text here</b>
Italics: <i>Put text here</i>

0 Komentar